Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

web page HTML

Sekilas Web Page HTML

HTML atau HyperText Markup Language merupakan salah satu format yang digunakan dalam pembuatan dokumen dan aplikasi yang berjalan dihalaman web. HTML adalah file text murni yang dapat dibuat dengan editor text apapun. Dokumen ini dikenal sebagai web page, dokumen HTML merupakan dokumen yang disajikan pada web browser. Ada dua cara dalam menulis sebuah dokumen HTML yang nantinya mejadi sebuah halaman browser. Yang pertama menggunakan HTML editor atau Web editor, dan yang kedua menggunakan teks editor biasa seperti menggunakan notepad.

Saat ini sudah banyak sekali paket aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat halaman web secara WYSIWYG ( What You See Is What You Get ) seperti FrontPage,Dreamweaver dan lain sebagainya, Anda tetap harus menguasai tag-tag HTML terutama yang dipergunakan untuk membuat aplikasi di internet kerena mau tidak mau Anda akan bekerja dalam mode text editor bilamana hendak menyisipkan setiap script HTML.

Dalam penamaan sebuah dokumen yang akan ditampilkan pada web browser maka nama yang digunakan harus diakhiri dengan ektensi (.html) atau (.htm). Ekstensi dokumen HTML awalnya 3 karakter, adalah untuk mengakomodasi sistem penamaan dalam DOS. Dalam pemberian nama sebuah dokumen bersifat case sensitive sehingga dokumen dengan nama a.html akan berbeda dengan dokumen A.html.

Sebelum lebih jauh mempelajari tag-tag HTML ada baiknya terlebih dahulu melihat kode warna yang sering digunakan di penulisan tag-tag HTML. Pengaturan warna dihalaman HTML menggunakan mode kombinasi RGB (red, green, blue) yang mana setiap warna ditampilkan dalam dua digit nilai heksadesimal (0,1,2,...F).Setiap bagian dua digit kode menunjukkan banyaknya intensitas dari kombinasi warna merah, hijau dan biru. Sebagai contoh 00 pada 2 digit pertama berarti tidak ada warna merah dan seterusnya.

http://de-kill.blogspot.com/2009/05/sekilas-web-page-html.html

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Free Apple TM ani Cursors at www.totallyfreecursors.com