Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

proxy server

Proxy Server Linux dengan Squid

Written by FX. Eko Budi Kristanto - 56,120 views
Proxy Server LinuxBagi sebagian rekan-rekan yang mau membuat proxy server dengan Linux, atau bagi adik-adik Ilmu Komputer USD yang mau coba-coba belajar bikin proxy, saya ingin membagikan pengalaman kecil saya dalam membuat proxy menggunakan Linux. Meski banyak software untuk membuat proxy server, saya memilih squid karena paketnya sudah ter-include dalam distro yang saya gunakan (Fedora Core) dan hampir sebagian proxy server Linux menggunakan squid. Untuk spesifikasi hardware yang saya gunakan, dapat dilihat di artikel Proxy Server di tempat kerja saya. Proxy server tersebut menggunakan squid versi 2.6-12 pada distro Fedora Core 6 yang saya fungsikan sebagai:
  1. Menyimpan halaman web di proxy untuk mempercepat akses Internet.
  2. Akses kontrol Internet berdasarkan IP Address. Menggunakan 2 network yang berbeda (saya fungsikan juga sebagai router – dengan IP Forwarding), untuk ini, saya menggunakan 3 NIC pada 1 server.
  3. Blacklist daftar situs terlarang secara manual.
  4. Membatasi ukuran download File dengan ekstension tertentu dan hanya berlaku pada jam tertentu.
  5. Pesan Error dalam format Bahasa Indonesia.
  6. Rule untuk memperbolehkan akses Internet hanya protokol tertentu saja.
Langkah-langkah yang saya lakukan:
  1. Instal aplikasi squid
  2. Edit file konfigurasi squid
  3. Buat direktori dan file blacklist untuk blacklist secara manual
  4. Buat direktori dan file untuk pesan error dalam bahasa indonesia
  5. Check konfigurasi firewall yang diterapkan di proxy
  6. Jalankan servicenya
  7. Test konfigurasi di proxy dan client
 http://fxekobudi.net/linux/proxy-server-linux-dengan-squid/

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Free Apple TM ani Cursors at www.totallyfreecursors.com