Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

faktor-faktor LAN

Faktor-faktor yang menentukan kinerja jaringan (LAN/Intranet)

Posted in April 23rd, 2008
Hari ini saya baru saja chatting melalui YM dengan seorang teman di Padang. Dia mengeluh karena jaringan di kampusnya lamban benar, dan menurut dia hal itu terjadi karena ada kesalahan pada desain atau kekeliruan dalam pemilihan masalah teknis tertentu sehingga kualitas jaringan tidak mencapai posisi optimalnya.
Saya jadi coba berpikir lagi tentang adakah faktor-faktor eksak yang dapat kita gunakan untuk mengukur kinerja (kualitas) suatu jaringan (dalam hal ini LAN/intranet). Secara pengamatan awam (end user) saja hal ini memang dapat dirasakan langsung, misal saat ada kebutuhan akses informasi tertentu yang tersendat maka serta merta seorang user awam akan menyebut ada masalah dengan jaringan. Tapi apakah ukurannya se-subjektif itu ?
Saya mencoba mencorat-coret paramater sederhana seperti berikut :
Ukur dulu Stabilitas - nya

Bisa saja sebuah LAN dirasakan lambat karena “streaming” (aliran) koneksinya tidak stabil. Device LAN tertentu seperti hub/switch dan untuk era sekarang termasuk access point dapat menyebabkan jaringan terputus-putus. Ujilah dengan perintah ping ke host tertentu. Amati apakah ada saat-saat tertentu koneksinya terputus.
Ukur juga dong waktu transfer nya

Ada dua hal dalam ini yang bisa jadi patokan masalah waktu transfer ini, yaitu : delay dan bandwidth. Dua hal ini yg sebenarnya sangat berkaitan. Yang pertama (delay atau kadang berkaitan dengan istilah latency) lebih ditentukan oleh perangkat physical sedangkan yang kedua (bandwidth) lebih ditentukan masalah pengaturan software (dari provider) atau firmware (misal card ethernetnya).
Ada beberapa faktor lain yg “baunya” sangat analisis dan teknis banget sehingga berkaitan dengan formula matematis yang lumayan rumit [?].
Cara Mengukur
Bagaimana cara mengukur kinerja jaringan ? Apakah cukup mendengar keluhan dari end-user (user awam) atau perlu dipertimbangkan (dianalisa) dengan cara-cara yang lebih masuk akal.
Kita tentu memilih patokan yg kedua.
http://herianto.unsada.ac.id/?p=57

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Free Apple TM ani Cursors at www.totallyfreecursors.com